Selasa, 28 Desember 2010

Riedl fokus benahi mental pemainnya


Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl fokuskan diri memperbanyak komunikasi dengan seluruh pemain dibandingkan latihan rutin, sebelum pertandingan final kedua Piala AFF 2010 melawan Malaysia di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (29/12).

Komunikasi dengan seluruh pemain, kata dia, akan digunakan untuk melihat kondisi terakhir pemain, sebelum diputuskan masuk pada tim inti yang akan diturunkan pada pertandingan nanti.

"Tidak ada persiapan pemain secara khusus, yang ada kami hanya berbicara pada pemain apakah mereka bisa bermain besok," katanya usai latihan timnas di Lapangan PSSI Senayan, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, dengan mepetnya waktu pertandingan pihaknya tidak akan menggenjot latihan keras karena dinilai tidak akan bisa mengubah banyak kondisi tim yang ada saat ini.

Pada latihan terakhir sebelum turun di laga final kedua, kata dia, materi latihan yang diberikan sama dengan latihan-latihan sebelumnya. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi fisik pemain.

"Saya ingin membangun mental pemain tidak hanya untuk turnamen ini. Tim ini juga dipersiapkan untuk Olimpiade tahun depan," ujarnya, menambahkan.

Ia menjelaskan, pada pertandingan nanti dua pemain dipastikan tidak diturunkan yaitu Yongky Ariwibowo yang mengalami cedera dan Oktovianus Maniani yang terkena akumulasi kartu kuning.

Khusus pertandingan final kedua Piala AFF 2010 nanti, pihaknya tetap menargetkan mampu memenangkan pertandingan. Hanya saja pihaknya tidak menekankan kepada pemain bertanding dengan motivasi lebih.

"Kami ingin memenangkan pertandingan, baru kami bisa memikirkan skor. Tapi, kita harus mampu mendapatkan gol pertama agar bisa mencetak gol-gol berikutnya," ucap pelatih asal Austria itu.

Timnas Indonesia agar mampu merebut juara Piala AFF 2010 harus mampu minimal menang dengan skor telak 4-0, karena pada pertandingan pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (26/12), timnas kalah 0-3. (ant/lex)

Tidak ada komentar: